tidak ada jalan pintas dalam jalan menuju keberhasilan

Jumat, 06 Maret 2009

Pelatihan Anak Tani Remaja ( PATRA )



Mencetak Generasi Muda Pertanian Yang Modern dan Inovatif

Suco Lor adalah sebuah nama yang sudah melekat erat di hati kami. Mengapa? Kerena di Desa yang memiliki topografi pengunungan inilah kami dibesarkan dan tumbuh menjadi remaja. Layaknya remaja lain, kami juga memiliki hasrat untuk memajukan Negara Republik Indonesia. Tapi kami sadar hal yang besar akan selalu diawali dengan yang kecil terlebih dulu. Atas dasar itulah kami bertekat untuk membentuk suatu kelompok remaja yang memiliki kemauan di bidang pertanian dari desa suco lor dan desa sekitarnya. Dengan difasilitasi oleh Penyuluh Pertanian Lapangan dari Balai Penyuluhan Congkrong beserta jajaranya, maka dibentuklah suatu kelompok yang bernama PATRA Manggala ( Pelatihan Anak Tani Remaja Manggala ) yang diresmikan pada tanggal 24 Juni 2007.

Setelah kami melakukan koordinasi dengan beberapa Penyuluh di Balai Penyuluh Pertanian Congkrong, kami mulai menghubungi teman-teman remaja tani untuk diajak berkumpul guna diadakan sosialisasi mengenai PATRA. Karena bebarapa dari kami adalah Alumni SPP-SPMA Negeri Bondowoso, maka kami begitu antusias dan bersemangat. Dari sinilah akhirnya disepakati bahwa pertemuan PATRA diadakan setiap hari Jum’at antara jam 13.00 - 15.30 WIB selama 12 kali pertemuan.
Fasilitator dalam Pelatihan Anak Tani Remaja ini adalah berasal dari Balai Penyuluh Pertanian Congkrong dan Dinas-dinas lain yang berkaitan disesuaikan dengan materi yang berikan dalam Pelatihan. Materi yang diberikan dalam pelatihan adalah berupa diskusi dan praktek. Dalam hal ini materi merupakan kesepakatan antar anggota, disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan wilayah. Hal ini ditujukan agar materi yang didapatkan dapat bermanfaat dalam kegiatan usaha tani.
Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya Pelatihan Anak Tani Remaja ini. Dengan forum seperti ini kami mendapatkan tambahan bekal dalam menghadapi tantangan global yang akan datang , kami akan terus berusaha mengembangkan potensi yang terdapat di wilayah Desa Suco Lor pada khususnya dan Kabupaten Bondowoso pada umumnya.
Special Thanks to :
Jajaran Penyuluh Pertanian BPP Congkrong, yang telah memfasilitasi terbentuknya PATRA MANGGALA Suco Lor
Kelompok Tani Tani Makmur Desa Suco Lor, selaku induk sekaligus penanggung jawab
P4S PATRA Tani Jaya Bondowoso, yang memberikan dukungan semangat penuh pada kami
Teman-teman anggota PATRA MANGGALA yang selalu aktif dan bersemangat mengikuti pelatihan
Semua pihak yang telah membantu kelancaran kegiatan Pelatihan Anak Rani Remaja Manggala

3 komentar:

  1. Saya sangat mendukung sekali Program P4S PATRA! karena dengan P4S PATRA kembali meregenerasi kaum petani yang merupakan tumpuan bangsa INONDESIA

    BalasHapus
  2. ya setuju...
    pertanian di Indonesia sudah saatnya bangkit,
    untuk itu generasi muda juga harus ikut andil
    dalam pembangunan pertanian ke depan.
    tetap semangat!!!

    BalasHapus